|

Padi dan Petani ( I )

Padi dan petani merupakan dua buah kata yang sangat sulit dipisahkan, mengapa demikian ?
Padi merupakan tanaman pangan yang selalu ditanam oleh petani, bahkan meskipun terancam merugi, petani terus menanam padi, hal inilah yang menjadi pemikiran penulis. Banyak pertanyaan yang harus ditemukan jawabannya. Pertanyaan itu berbunyi demikian, Apakah petani kita tahunya hanya menanam padi ?, Apakah tanaman selain padi tidak dapat menghasilkan seperti padi ? Apakah tidak ada petugas yang mengarahkan mereka untuk merotasi penamaman ? dan masih banyak lagi.
Mari kita uraikan satu demi satu. Petani khususnya di daerah jawa masih sangat menggantungkan pada tanaman padi dengan pepatah " Kita makan dengan padi bukan dengan lainya ". Sudah berapa banyak petani yang merugi akibat menanam padi secara terus menerus tanpa berhenti, tanpa merotasi dengan tanaman lain, alhasil padi yang ditanam terserang hama terutama hama wereng. (bersambung bagian II)

Posted by AgrobisNews.com on 12:28. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Leave a reply

Labels

Recently Commented

Recently Added